Thursday, July 19, 2012

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Posted by Unknown on Thursday, July 19, 2012

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

INFOINDOS - Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa.
Menyambut bulan datangnya Ramadhan, seluruh umat islam di dunia pasti mempersiapkan segala sesuatunya. Baik dari segi kesehatan, keindahan rumah, dan juga makanan saat menjalankan ibadah puasa. Saat berbuka puasa atau sahur, setiap orang memiliki menu makanan berbeda.

Banyak menu makanan lezat serta lengkap untuk dihidangkan. Namun apakah makanan lezat termasuk makanan yang bergizi?, Tidak semua makanan lezat itu bergizi atau sehat untuk tubuh kita. Untuk itu kita harus dapat mengetahui makanan apa saja yang cocok untuk tubuh kita.

Diposting sebelumnya,  INFOINDOS  berbagi tips tentang Makanan Penahan Lapar Saat Berpuasa. Dipostingan tersebut juga bisa kita jadikan menu makanan saat sahur. Sedangkan postingan kali ini,  INFOINDOS  akan memberikan beberapa contoh Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa.


1. Kurma
Kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu asli
Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 - 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan
Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Buah ara
Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya anti oksidan. Saat memasak untuk berbuka sangat baik jika Anda menggunakan minyak ini.


Contoh makanan sehat diatas bisa kita pilih sebagai menu berbuka puasa. Pastikan makanan yang kita pilih saat berbuka atau sahur adalah makanan sehat. Karena selain baik bagi tubuh kita, makanan sehat juga membantu kita menjalani puasa dengan baik.


Artikel Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa ditulis oleh INFOINDOS.

Previous
« Prev Post